Puasa Pertama Opang, Anak Asuh Terkecil Rumah Yatim NTB

WhatsApp Image 2017-06-09 at 13.54.22

Mendidik anak untuk berpuasa bukan hal yang mudah, namun juga bukan hal yang sulit. Hal tersebutpun dirasakan Salma Hasanah, Ibu asrama Rumah Yatim NTB, yang memiliki anak asuh yang baru belajar berpuasa, anak itu bernama Naufal Wafa Ulung yang akrab disapa Opang.

Opang anak yang periang dan lucu, di usianya yang ke 5 tahun dia harus kehilangan bapaknya, dia dibesarkan oleh ibunya yang memiliki anak 5 dan Opang merupakan anak yang ke 4. Meski berat hati ibu Opang terpaksa menyerahkan Opang ke Rumah Yatim NTB karena Kakek dan Kakaknya menginginkan pendidikan yang baik untuk Opang, menurut Kakeknya jika Opang di rumah hanya main saja, pendidikan agama pun minim didapatkan, sengaja menitipkan di Rumah Yatim agar Opang dapat belajar agama dan bisa menjadi anak yang sholeh. Kini Opang yang awalanya tidak kerasan tinggal di asrama, terlihat nyaman dan ceria.

Bulan puasa pun menjadi momentum untuk Opang belajar berpuasa meski dia baru menginjak usia 7 tahun namun Opang terus berusaha menahan lapar hingga maghrib menjelang, meski sesekali dia merengek manja karena perutnya lapar.

Untuk menenangkan Opang Salma terkadang memberikan hadiah, meski hadiahnya tak seberapa hanya di ajak jalan-jalan, atau di tambah uang jajan sebesar Rp. 2000, sudah mampu membuat Opang kembali melanjutkan puasanya sampai ke maghrib. Tapi Salma tak begitu memaksakan, jika Opang mengeluh lapar, maka Salma pun menyuruhnya untuk berbuka, namun karena kini sudah hampir 2 minggu Opang pun mulai terbiasa dan memilih untuk melanjutkan puasanya sampai tuntas.

“reward, saya kasih sekali-kali aja itu dikala dia sudah rewel, namun karena sekarang sudah terbiasa kini dia memilih untuk melanjutkan puasanya tanpa ada embel-embel hadiah.” Papar Salma.

Menurut Salma perkembangan Opang yang kini baru mengaji Iqro 2 ini mulai memperlihatkan perubahan positif, untuk sahur dia tak harus dibangunkan lagi, kini dia sudah siap sendiri dan buru-buru menempati tempat duduk dekat Salma sembari glendotan disampingnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s