Sambut Ramadhan, Rumah Yatim Adakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

WhatsApp Image 2017-05-14 at 20.36.10

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Rumah Yatim mengadakan beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh cabang Jawa Barat pada Minggu (14/5) kemarin. Salah satunya kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh Rumah Yatim Kiaracondong, Bandung.

Kegiatan ini mendatangkan langsung tim kesehatan dari Klinik Sehati dan Klinik Sehat Bersama milik Rumah Yatim, yang terdiri dari dua orang dokter, dua perawat, dan dua apoteker. Dalam kegiatan ini beragam pemeriksaan kesehatan diadakan seperti pemeriksaan tensi, cek darah, kolesterol, dan gula darah.

WhatsApp Image 2017-05-14 at 20.37.05

Adapun sasaran dari pemeriksaan kesehatan ini adalah masyarakat yang berada di sekitar Rumah Yatim Kiaracondong dan diutamakan yang kurang mampu. Di samping masyarakat, anak asuh mukim dan non mukim, serta donatur juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Alhamdulillah masyarakat merespon positif kegiatan ini. Sekitar 50 lebih warga datang ke pemeriksaan. Bahkan saking antusiasnya ada warga yang sudah datang pukul 7.00 WIB ke lokasi. Padahal kegiatan baru dimulai pukul 9.00 WIB”. Jelas Nenden selaku pembina asrama sekaligus tim pelaksana kegiatan ini.

WhatsApp Image 2017-05-14 at 20.37.29

Nenden juga menyebutkan sangat bersyukur diadakannya kegiatan pemeriksaan ini. Sebab, tak semua warga yang mampu berobat ke rumah sakit sehingga penyakitnya ditahan dan tidak diobati. “Semoga kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Rumah Yatim. Sebab sangat membantu sekali memberikan pelayanan bagi masyarakat yang kurang mampu. Mulai dari pemeriksaan hingga obat semua gratis. Sehingga tidak memberatkan bagi warga.” Ujar Nenden lagi.

Najla salah seorang pasien menyebutkan sangat terbantu dengan adanya pemeriksaan ini. Ia semula tidak mengetahui menderita penyakit apa. Setelah diperiksa kemarin, dokter menjelaskan Najla mengalami vertigo. “Senang akhirnya bisa tahu penyakit apa yang akhir-akhir ini sering saya rasakan gejalanya. Para dokter di pemeriksaan menjelaskan dengan ringan tentang penyakit saya sehingga saya jadi paham. Alhamdulillah kegiatan ini bermanfaat sekali.” Ucap Najla.

Pemeriksaan yang berlangsung pukul 09.00-13.00 WIB ini, merupakan agenda serentak yang dilakukan Rumah Yatim area Jawa Barat. Kegiatan yang dilakukan pun beragam mulai dari pembagian sembako, santunan dai, hingga pemeriksaan kesehatan ini. Diharapkan adanya rangkaian kegiatan ini dapat memancing semangat masyarakat umumnya untuk menyambut bulan Ramadhan dan juga menebar kebaikan bagi sesama sepanjang bulan Ramadhan nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s