Persiapan Menuju Ramadhan

 

background artikel persiapan ramadhanTak terasa, sebulan lagi kita akan kembali menyambut bulan yang mulia, bulan Ramadhan. Bulan ini menjadi menggembirakan karena banyaknya keistimewaan yang dimilikinya. Lalu, apa saja hal-hal yang bisa dipersiapakan untuk menyambut bulan ini? Berikut ini beberapa persiapan yang bisa dilakukan:

  1. Siapkan jasmani dan rohani dengan berlatih puasa

Jika sebelumnya sudah rutin berpuasa sunnah, maka Ramadhan akan lebih mudah dijalankan. Tapi jika belum, maka Anda bisa melatih diri berpuasa di bulan Rajab ini. Lakukanlah puasa sunnah Senin Kamis atau puasa sunnah lainnya. Di samping melatih diri menghadapi Ramadhan, Anda juga akan mendapatkan pahala yang lebih karena melakukannya di bulan Rajab seperti yang disebutkan Nabi untuk memperbanyak amalan di bulan Rajab ini.

  1. Mulai membuat target Ramadhan

Tidak perlu menunggu Ramadhan datang untuk bisa membuat target. Buatlah target ibadah yang akan dicapai selama Ramadhan dari sekarang. Ini agar target lebih matang dan semangat menuju Ramadhan pun muncul lebih dulu dalam diri sehingga perasaan tak sabar menemui Ramadhan pun semakin menggebu. Tetapkan target seperti berapa tilawah sehari, sholat sunnah, jumlah sedeqah sehari, perbuatan baik yang akan dilakukan, dan lainnya sesuai keinginan Anda. Usahakan target dibuat dengan rincian sehingga lebih jelas saat dilaksanakan.

  1. Membaca buku-buku tentang Ramadhan dan kemuliannya

Seringkali kita tidak bisa menikmati Ramadhan, tidak semangat menghadapinya karena kurangnya ilmu akan bulan Ramadhan itu sendiri. Satu bulan menuju Ramadhan ini bisa Anda manfaatkan untuk membaca buku-buku mengenai keistimewaan Ramadhan. Dengan begitu, Anda akan lebih merasakan dan menikmati perjalanan Ramadhan Anda.

Demikian beberapa persiapan yang bisa dilakukan menuju Ramadhan. Maksimalkan setiap waktu yang dimiliki dengan mempertebal keimanan dan pengetahun sebelum masuknya bulan mulia ini. Dan semoga kita selalu diberikan umur yang panjang hingga bisa mendampingi Ramadhan kali ini sampai akhir.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s