Rumah Yatim Yogya Salurkan Santunan untuk Warga Dusun Kepek, Gunung Kidul

yogya4

Gunung Kidul, orang lebih mengenal daerah di selatan Kota Yogyakarta ini sebagai daerah tandus. Wilayah ini berada di atas Pegunungan Sewu,  sebagian besar tanahnya terdiri dari perbukitan dan gunung kapur.

Menurut Kepala Bidang Pemerintahan Sosial dan Budaya Bappeda Gunung Kidul Priyanta Madya Satmaka mengungkapkan berdasarkan data Pemutakhiran Basis Data Terpadu 2015 lalu, angka kemiskinan di Gunung Kidul mencapai 97.217 kepala keluarga (KK).

yogya3

Sekilas mengenal Gunung Kidul, Rumah Yatim hadir di Kota yang sering disapa dengan kota seribu sungai bawah tanah.

Di awal bulan ini, Rumah Yatim (RY) area Yogyakarta menyambangi wilayah tersebut tepatnya di dusun Kepek 1 dan 2, desa Banyusoco kecamatan Playen, Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. RY hadir untuk menyalurkan santunan peduli sesama dan sembako kepada 130 KK di kedua dusun tersebut.

yogya6

Arifin selaku kepala cabang Rumah Yatim Yogyakarta mengatakan, untuk sampai di wilayah tersebut ia bersama 6 orang timnya harus berjalan melewati pematang sawah sembari memanggul paket sembako. Sebagian besar masyarakat yang bekerja sebagai petani ini sudah berstatus janda dan lansia, hal tersebut semakin membuktikan bahwa wilayah ini tinggi akan angka perceraiannya.

Santunan digelar di balai dusun kepek 2, seluruh warga dengan sabar mengantre untuk mendapatkan santunan tersebut. untuk para janda, mereka mendapat santunan tunai peduli sesama sedangkan untuk para lansia mendapatkan santunan paket sembako yang terdiri dari beras, mie instan, minyak goreng dan gula pasir.

yogya5

Adalah mbah Tupan (91), ia merupakan salah satu mustahik penerima santunan sembako, betapa bahagianya ia setelah mendapatkan santunan tersebut. Pria renta yang senang memakai penutup kepala berwarna merah putih ini  merupakan lansia tunanetra yang hidup sebatang kara, untuk memenuhi hajat hidupnya ia bekerja sebagai buruh tani dan pencari rumput.  “Matur suwun le (terima kasih banyak nak).” Kata Mbah Tupan

yogya9

Warga dusun Ketek mengungkapkan hal serupa kepada Rumah Yatim, mereka mengatakan bahwa sebelumnya mereka belum pernah mendapatkan santunan seperti ini. “semoga pembagian santunan ini bisa terus berlanjut.” Ungkap salah satu warga dusun

Dusun Klepek merupakan salah satu wilayah perbukitan di Gunung Kidul, kondisi lahannya termasuk lahan tadah hujan yang membuat hampir 90% kehidupan di wilayah ini bergantung pada curah hujan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s