Serunya Menuai Hikmah dalam Nobar Film Iqra Bersama Anak Asuh Jakarta

img-20170226-wa00011

Mengisi liburan akhir pekan, sekitar 130 Rumah Yatim mengikuti gelaran Nonton Bareng (Nobar) Film Iqro, Petualangan Meraih Bintang, Minggu (26/02) di Bioskop XXI Planet Hollywood Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Mereka diundang oleh Alumni Fakultas Hukum (FH) Universitas Indonesia (UI) angkatan 1991. Menurut salah satu staf Fund Raising Force Rumah Yatim area Jakarta Maida, gelaran ini merupakan silaturahim anggota alumni serta keinginan mereka berbagi dengan anak-anak yatim dan dhuafa.

“Mereka mengundang 3 lembaga, kalau dari kami gabungan asrama di area Jakarta dengan penambahan anak asuh non mukim dengan 6 orang pendamping,”ujarnya yang ikut bertindak sebagai pendamping anak asuh.

Anak asuh sudah berkumpul sejak pagi pukul 06.30, berkumpul dan sarapan bersama. Sebelum film diputar pukul 09.30, dilakukan berdoa bersama. Film yang tayang perdana sejak 26 Januari lalu ini membuat anak-anak senang dan terhibur. Mereka menikmati cerita yang disuguhkan sepanjang film.

img-20170226-wa00041

Durasi film yang berkisar 1,5 jam tak membuat anak-anak jemu, beberapa adegan lucu menyegarkan suasana seisi bioskop. Maida melihat, film ini baik untuk ditonton anak-anak karena bersifat mengedukasi, terutama mengajak mencintai Al Quran. Pengalaman pertama nobar adalah pengalaman pertama yang mengesankan anak-anak asuh.

Film perdana besutan Salman ITB ini mengisahkan seorang anak bernama Aqila yang gandrung sains, namun kurang mempelajari Al Quran. Kemudian, ia ingin membuat tugas sekolah tentang astronomi dan ingin bertemu kakeknya seorang astronom di Boscha, Lembang. Kakeknya mengizinkan Aqila menggunakan teropong bintang dengan satu syarat, harus bisa membaca Al Quran.

Dari sinilah anak-anak dapat memetik pesan dan hikmahnya bahwa untuk mendapatkan sesuatu harus mau berikhtiar dan pantang menyerah. Walau pandai dalam ilmu pengetahuan, seorang muslim/muslimah tetap mempelajari Al Quran.

Serunya acara nobar berlangsung tertib, setelah nobar berakhir, Alumni FH UI secara resmi memberikan santunan uang tunai untuk semua anak asuh yang hadir. Dan momen kebersamaan ini dijadikan kesempatan untuk saling bersilaturahim.

Salah satu perwakilan dari FH UI, Eva menyampaikan pesan kepada anak-anak, agar jangan pernah meninggalkan sholat. Selalu membaca dan kembali kepada Al Quran dalam setiap langkah. Ia berharap, anak-anak asuh dapat menjadi hafidz dan hafidzah yang mempersembahkan mahkota bagi orangtuanya kelak di akhirat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s