Upaya SD El Fitra untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Didiknya

el-fitra

kepercayaan diri ini merupakan aspek yang sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian siswa. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan oleh setiap siswa, karena aspek kepercayaan diri ini mempengaruhi dalam setiap proses belajarnya, baik dalam belajar di kelas, di rumah atau di manapun.
Keberhasilan pendidikan terutama pendidikan formal salah satunya ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yaitu dengan cara menumbuhkan kepercayaan diri siswa.

Mengingat begitu pentingnya membangun kemampuan percaya diri pada perkembangan siswa sebagai sumber energy (kekuatan) diri anak untuk dapat mengaktualisasikan diri siswa secara utuh, maka siswa membutuhkan bantuan orang tua dan guru. Dalam sifat percaya diri tidak hanya harus dimiliki oleh orang dewasa, tetapi anak-anak juga memerlukannya dalam perkembangannya menjadi dewasa.

SD El Fitra Islamic Scientific School sebagai lembaga pendidikan ikut andil besar  dalam menumbuhkan percaya diri anak, apalagi sekarang ini pemerintah sedang memprogramkan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah di semua tingkatan.
Salah satu karakter yang dikembangkan  adalah mandiri, sedangkan mandiri merupakan sikap yang tidak tergantung kepada orang lain dan percaya kepada kemampuan diri sendiri.  Untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa,  sekolah mengupayakan beberapa kegiatan antara lain:

•    Mengikut sertakan siswa/i nya kedalam beberapa kegiatan perlombaan yang bersifat akademik maupun non akademik.
•     Memperbanyak kegiatan yang mengasah skill individu siswa. Dengan mempunyai skill (keterampilan) siswa dapat mengembangkan rasa percaya dirinya, maka dalam proses pembelajaran guru dapat mengasah skill siswa dengan berbagai metode belajar, contohnya siswa membuat karya sederhana yang dikerjakan sendiri tanpa bantuan temannya.
•     Pemberian tugas mandiri secara individual akan melatih siswa/i percaya kepada kemampuan sendiri dan tidak tergantung terhadap orang lain. Dengan belajar mandiri mereka akan terbiasa memecahkan persoalan, terlepas benar atau salah tugas yang kita kerjakan (bisa dikonsultasikan dengan guru)  yang terpenting adalah sikap percaya diri dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
•    Menginstruksikan siswa/i nya untuk berani tampil didepan kelas seperti berani tampil bercerita, tausiyah maupun menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu, mereka pun diinstruksikan berani tampil di acara pentas literasi yang digelar setiap akhir bulan. Di acara tersebut, siswa/i ditugaskan menampilkan bakatnya seperti puisi, mendongeng, pidato menggunakan berbagai bahasa, sains projects dan ceramah. Kegiatan tersebut dinilai sangat penting,  dikarenakan dengan seringnya siswa/i  tampil di depan umum akan menambah rasa percaya diri mereka (tidak demam panggung).
Rasa percaya diri pada siswa memegang peranan penting dalam keberhasilan belajar, karena kurang percaya diri dapat menyebabkan siswa tidak bisa mengerjakan soal, tidak mau tampil di depan kelas, malu bertanya kepada guru, bahkan mencontek ketika ujian disebabkan ketidak percayaan diri terhadap kemampuannya.

Menurut Ayi Karmilah selaku wakasek kurikulum, dengan pembiasaan tersebut ia meyakini bahwa kedepannya anak didik SD El Fitra akan mempunyai keberanian tampil di depan umum. “Bukan saja di tempat belajarnya saat ini, namun pada tahap selanjutnya. Para siswa diharuskan mampu menumbuhkan rasa percaya diri, sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungan.” Pungkas Ayi, Jumat (17/02)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s