Mengisi Masa Liburan dengan Serunya Berkarya

pamulang

Menjelang akhir tahun, suasana liburan sudah dekat di depan mata. Terutama para siswa sekolah mereka menutup akhir semester dengan menerima raport. Namun, di beberapa sekolah, khususnya sekolah swasta, sebagian siswa mereka sudah pergi liburan mendahului teman-temannya sebelum libur resmi diumumkan.

Ya, sebagian anak menyambut liburan penghujung tahun dengan begitu sukacita. Bersama keluarga mereka berencana liburan ke berbagai tempat-tempat indah yang jadi incaran. Namun, tidak semua anak dapat merasakan liburan seperti mereka. Para anak asuh yang tinggal jauh dari orangtua dan keluarga ingin mendapatkan kebahagiaan yang sama dalam suasana liburan.

pamulang1
Anak asuh kami kebanyakan tinggal jauh dari orangtua dan keluarganya, sedangkan liburan hanya sebentar, jika anak asuh yang tinggal jauh pulang ke rumahnya, waktunya habis di jalan, waktu sampai di rumah mereka lelah dan waktu libur berkurang.

Maka dari itu, Kepala Asrama Rumah Yatim Pamulang, Tangerang, Banten Ikin Masbukin mengusahakan kegiatan liburan yang bermanfaat dan menyenangkan untuk para anak asuhnya. Liburan yang biasanya hanya berisikan kegiatan bersenang-senang belaka, ingin ia ubah menjadi liburan menyenangkan penuh karya.

pamulang2
Di Asrama Pamulang ia mengajak anak asuhnya memaknai kegiatan berlibur dengan cara yang lain. Anak asuhnya, diantaranya Ani , siswa kelas 10 SMK, dan adik asramanya, Yati yang baru duduk di kelas 9 SMP berkumpul dengan teman-temannya membuat prakarya menarik.

Menggunakan alat-alat yang tersedia seperti gunting, lem, benang, jarum, kawat, spidol, selotip, dan kain flannel warna-warni mereka membuat kerajinan tangan cantik berupa buket bunga kain flannel dan gantungan kunci cantik.

Kegembiraan tampak dari bagaimana cara mereka menekuni setiap langkah pembuatan. Akhirnya, karya mereka pun sudah jadi, yang menimbulkan rasa bangga. Dari masa liburan ini mereka bangga mengisinya dengan sesuatu yang begitu berharga.
Kegiatan ini bukan semata mengisi liburan dan menghilangkan penat setelah belajar satu semester, Ikin mengatakan hal ini sangat baik untuk melatih kemandirian, keterampilan, dan kreativitas anak. Walau belum dapat pulang dan berkumpul berlibur bersama keluarga di rumah, mereka yakin suasana liburan tetap dirasakan dengan lebih bermakna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s