Ayo Berwirausaha di Market Day SD El Fitra 2016

dsc_19181

Sepanjang koridor lantai dasar SD El Fitra sejak pukul 08.00 dipenuhi berbagai stand Market Day dari setiap kelas yang menjajakan berbagai macam jajanan dan pernak-pernik. Hari ini, Senin (19/12) adalah hari pertama Market Day, dan rencananya akan dilaksanakan sampai Rabu, (21/12). Sebanyak 13 stand  dari 3 kelompok dari setiap kelas yang bergiliran berjualan.
Menurut Wakil Kepala Sekolah SD El Fitra Ayi Kamilah, Market Day merupakan kegiatan khusus untuk anak-anak dalam memperkenalkan dunia wirausaha. Konsepnya sendiri berawal dari kegiatan rutin Enterpreneur Kids, yang dilakukan setiap bulannya.

Di sekolah ada kegiatan Enterpreneur Kids, setiap sebulan sekali, di sini para siswa dibagi kelompok di setiap kelasnya untuk berjualan. Karena kami juga ada cooking class yang melatih siswa mengenal bahan makanan, mengenal rasa, dan melatih motorik halusnya. Di Market Day ini kami membuat stand tersendiri dan diadakan di penghujung semester,ujar Ayi.

marketday
Market Day yang masih merupakan rangkaian kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) SD El Fitra ini baru pertama kalinya dilaksanakan. Setiap siswa bebas berkreasi dan menjual berbagai macam makanan dan minuman ringan sesuai kenginannya. Ayi menambahkan, tidak ada peraturan khusus bagi siswa untuk ikut serta, hanya saja tidak menjual mainan.

Anak-anak boleh menjual makanan dan minuman hasil buatan sendiri dari rumah atau yang sudah jadi seperti biskuit atau kue-kue, pernak-pernik atau kerajinan tangan seperti bros masih boleh dijual, tapi tidak untuk mainan, apalagi banyak mainan yang kurang edukatif dan tidak bermanfaat,” tegasnya.

Dari kegiatan ini ia ingin anak-anak menambah pengetahuannya seputar dunia perniagaan sejak dini. Ayi melihat, secara global, Indonesia dikenal dengan mayoritas masyarakatnya dengan tingkat konsumsi tinggi. Maka dari itu, melalui Market Day dan Enterpreneur Kids ini para siswa mengenal bahwa Indonesia mampu menjadi negara yang mampu menjadi produsen dan distributor bagi hasil produksinya sendiri.

Ia berharap, setiap akhir semester dapat terus  berlanjut agar anak-anak lebih terbiasa mengasah kemampuannya berwirausaha. Lebih daripada itu, Market Day bukan sekedar mencetak anak-anak menjadi seorang entrepreneur, tetapi membangun karakter anak menjadi lebih bertanggung jawab, amanah, dan jujur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s