Spontanitas Jiwa Sosial Warga Aceh untuk Para Mustahiq

nasi

Sebanyak 150 nasi kotak dari donatur yang dibagikan untuk 150 anak asuh non mukim, ke Syah Kuala, Blang Oy, Lam Dingin, Lam Lagang dan Geuceu Komplek. Nasi kotak ini tak hanya dinikmati anak asuh non mukim saja tetapi juga warga dhuafa di sekitarnya.

Inilah salah satu bentuk aksi spontan dari jiwa sosial para donatur dan warga Aceh untuk para mustahiq. Koordinator CSR Rumah Yatim Aceh Dewi Sulistiyowati mengungkapkan, kegiatan seperti ini rutin setiap bulan, tanpa menunggu undangan atau acara tertentu, mereka mengirimkan paket nasi kotak ke asrama.

nasi2
Menurut pengurus asrama Umi Salma jumlah nasi kotak ini dapat lebih dari 100 kotak. Tak jarang pula, dalam sehari berdatangan nasi kotak berjumlah puluhan. Maka, pemandangan semacam ini bagian dari Rumah Yatim yang kebanjiran berkah nasi kotak.

Dewi menerangkan, cara seperti ini lebih disukai warga Aceh untuk menyantuni mustahiq secara langsung. Dapat dikatakan sudah menjadi budaya dalam menunjukkan kepedulian sosial mereka.
“Kalau mereka berbeda dari kebanyakan, mereka lebih terpanggil memberikan makanan langsung ke anak yatim, dan pihak asrama, melalui Abi Emir (Kepala Asrama) yang menyalurkan langsung. Setelah cukup untuk di asrama, selalu kami bagikan sisanya kepada anak asuh non mukim, dan warga dhuafa,”ujarnya.
Sebagai daerah yang dikenal serambi Mekah, kepedulian terhadap sesama adalah sebuah bentuk budaya positif yang dimiliki masyarakat Aceh. Karenanya berbagi tak mesti mengenal momen tertentu, berbagi kepada sesama boleh dilakukan kapanpun dan siapapun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s