Memupuk Rasa Patriotisme Anak Asuh Rumah Yatim Tegal Di Hari Pahlawan

tgal

Dalam rangka memperingati hari pahlawan, para mahasiswa jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang (UNNES)Tegal bersilaturahim kepada anak asuh Rumah Yatim Tegal, Minggu (13/11).

Mereka membuat kegiatan yang bertema “Pahlawanku, Idolaku” yang diikuti oleh 42 anak asuh usia SD. Kegiatan dimulai sejak pagi hingga siang ini berisi aneka kegiatan perlombaan, yaitu lomba pembacaan puisi, lomba menyusun puzzle, dan lomba mewarnai.

Koordinator Sekolah Peradaban (SP) Departemen Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa (DPSM)  UNNES Umi Nur Baiti mengatakan acara ini merupakan rangkaian kegiatan SP yang melatih softskill para mahasiswanya untuk terjun ke masyarakat, seperti yang dilakukan di yayasan dan lembaga sosial seperti Rumah Yatim.

Bertepatan dengan momen hari pahlawan mereka ingin memupuk rasa nasionalisme anak asuh sejak dini. Melalui mengenal para pahlawan dan jasa-jasanya dengan cara kreatif dan edukatif.

teegal
Seperti diuraikan oleh Kepala Cabang Tegal Syafrudin dari perlombaan tersebut sarat unsur kepahlawanan, misalnya puisi bertema kepahlawanan, puzzle dan gambar dari potret para pahlawan. Selain itu diputarkan pula film dokumenter dari pahlawan Indonesia, seperti Jenderal Sudirman dan Pangeran Diponegoro.

Bagi PGSD UNNES, ini adalah kerjasama pertamanya dengan Rumah Yatim, dan Umi mengatakan amat terkesan dengan antusiasme anak-anak saat mengikuti perlombaan.
Tidak menyangka anak-anak begitu antusias, mereka mudah diajak bekerjasama, aktif, ramah, dan mudah mengikuti instruksi. Seperti saya juga yang ikut menjadi juri lomba puisi untuk kelas 6, saya melihat mereka ekspresif, lancar, dan tidak malu-malu di panggung,” ujar Umi takjub.

Dengan adanya kegiatan semacam ini Syafrudin bersyukur anak-anak dapat mengikuti kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendidik. Sedangkan Umi mewakili UNNES mengaku senang berinteraksi dengan mereka.

Insya Allah jika ada kesempatan lagi dan sesuai jadwal dan rencana kegiatan kita berikutnya sesuai konsep dan tujuannya, mudah-mudahan kita bisa bekerjasama lagi dengan Rumah Yatim,” tutupnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s