Menjadi Hafidzah, Bukti Bakti anak Asuh RY Pamulang Kepada Orang Tua

tahfidz

Memiliki orang tua menjadi sumber kebahagiaan bagi tiap-tiap manusia, namunbagaimana dengan anak-anak yatim. Diusia mudanya mereka sudah tak memiliki kesempatan berbakti kepada orang tua mereka, baik kepada ibu maupun bapaknya.

Hal itupun yang dirasakan oleh anak asuh Rumah Yatim maka sebagai upaya bakti mereka, saat ini khususnya Rumah Yatim Pamulang Tangerang sedang berusaha menjadi penghafal al-Qur’an agar kelak bisa memakaikan jubah kepada orangtunya.

Rasulullah Saw., bersabda, “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya maka akan dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat yang mana cahayanya seperti cahaya matahari. Dan kedua orangtua-nya akan dipakaikan jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, ‘mengapa kami dipakaikan ini (jubah)?” Dijawab, “Karena kalian berdua telah memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran.”

Hadits tersebutlah yang terus dikobarkan Ikin Kepala Asrama Tangerang kepada anak asuhnya, dan sangat efektif sekali disaat anak-anak mulai kehilangan semangat, dimotivasi kembali dengan hadits tersebut anak-anakpun kembali bersemangat dan berusaha menghapal al-Qur’an.
Selain motivasi Ikinpun menerapkan trik khusus agar anak-anak mudah menghapal dan tidak terlalu terbebani dengan banyaknya tugas (disekolah dan asrama) diterapkanlah menghapal Al-Qur’an 1 ayat 1 hari.

jika si anak belum mampu hapal, maka dia boleh mengulangnya dihari besoknya sampai dia hapal.” Papar Ikin.
Dengan metode tersebut ikin menilai sangat efektif , meski setiap anak memiliki hapalan yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan mereka. Saat ini hapalan terbanyak adalah Evi Kristin yang sudah mencapai ayat 80, sedang yang lainya masih dibawahnya sekitar ayat ke 70an.

Selain itu muroja’ah pun seenantiasa diterapkan Ikin untuk mengikat hapalan yang sebelumnya.
saat ini kendalanya anak-anak suka pada lupa apa yang mereka hapalkan, maka cara-satu-satunya adalah muroja’ah (mengulang ayat yang sudah di hapal)” imbuh Ikin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s