Rumah Yatim Tangerang door to door Hampiri Anak Asuh Non Mukim dan Lansia

sembako-tangerang-2

Asrama Rumah Yatim Pamulang ingin mengekspresikan rasa peduli mereka terhadap para mustahiq dengan cara yang berbeda. Pada Kamis (13/10) Rumah Yatim mengetuk pintu ke pintu 50 mustahiq, yaitu 30 anak asuh non mukim dan 20 warga lansia yang masing-masing berdomisili di Sawangan Depok (yang berbatasan dengan Pamulang), dan sekitar asrama Pamulang.

Kami membagikan 50 paket sembako, yang berisi paket beras 5 kg dan 5 bungkus mi instan, kami bagikan secara door to door untuk lebih mengetahui kondisi mereka dan silaturahim dengan mustahiq,” ujar Kepala Asrama Pamulang Ikin.

Ia menyebutkan pembagian sembako ini selain termasuk kegiatan berkala Rumah Yatim juga sebagai peringatan tahun baru Hijriah dan lebaran yatim, dengan meningkatkan kepedulian terhadap warga yang membutuhkan.

sembako-tangerang

Diharapkan dengan cara berbeda seperti ini bertujuan agar bantuan sampai ke tangan mustahiq sesuai sasaran. Kegiatan langsung yang dimulai sejak pukul 14.00 sampai 16.00 ini Rumah Yatim dapat lebih memahami kehidupan para mustahiq mereka yang sebenarnya. Walau begitu, bukan tanpa kendala, sejak berangkat cuaca sudah hujan sampai lokasi masih gerimis, dan kegiatan tetap berjalan lancar.

Sebagian dari mereka ada, lanjut Ikin, ada yang rutin dibantu pada momen-momen tertentu seperti menyambut hari-hari besar Islam. Mereka sudah didata dan diberikan keterangan oleh rt rw setempat, dan lengkap segi administrasi ktp.

Kedua wilayah tersebut di atas rata-rata kondisi ekonomi warga yang berdomisili disana berada di level menengah ke bawah. Sebagian besar warga di Sawangan bekerja sebagai pedagang dan bekerja walau tidak mendominasi.

Penghasilan mereka yang minim juga dirasakan oleh warga sekitar asrama, yaitu para lansia yang bekerja sebagai buruh cuci-setrika/panggilan dan buruh kasar. Sehingga mereka harus menyambung hidup tidak tentu dari rupiah demi rupiah yang diperoleh untuk keluarga mereka.

Alhamdulillah mereka tampak bahagia dan sangat bersyukur dengan adanya bantuan yang bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari keluarga mereka,” kata Ikin. Bantuan ini diharapkan jadi contoh kepedulian yang dilakukan dengan menyeluruh dan sungguh-sungguh dari masyarakat untuk sesamanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s