Serunya Belajar Science Project Di SD El Fitra Islamic Scientific School

science-project

Science Project merupakan salah satu mata pelajaran favorit siswa/siswi SD El Fitra Islamic Scientific School, dimana mereka mencoba percobaan baru yang menyenangkan dan membuat pengetahuan sains mereka semakin bertambah. Seminggu sekali lebih tepatnya setiap hari Jumat mereka mempraktekan saince project secara serentak dari kelas 1 sampai kelas VI.

Menurut Ciptawati selaku penanggung jawab mata pelajaran tersebut mengatakan bahwa setiap minggunya anak –anak akan mempraktekan science project sesuai tema yang sudah ditentukan sebelumnya, contohnya tema tentang air, udara, tekanan dan sebagainya.

Namun, untuk minggu ini kita tidak mengikuti tema yang sudah ada, tetapi lebih ke pemanfaatan barang yang ada di laboratorium sekolah seperti mikroskop, termometer, neraca empat lengan,gelas beaker,tabung reaksi,kaki tiga, pemanas spiritus, dan sebagainya.

Science project setiap kelas pasti berbeda, hal yang membedakannya itu dari  kesulitan dan konsentrasi saat pengerjaan namun dari segi menarik dan menyenangkannya sama.” Ujar Cipta
Banyak sekali karya yang telah dibuat siswa lewat percobaan sainsnya seperti roket air, sabun cuci tangan, sabun pencuci piring, lampu yang bersumber dari buah dan sayur dan masih banyak lagi percobaan sains yang sudah mereka praktekan.

Anak-anak selalu kegirangan saat memasuki mata pelajaran science project, bahkan ada diantara mereka yang suka mempraktekannya dirumah.
Seneng banget kalo udah pelajaran science project, soalnya kita bisa melakukan percobaan yang seru dan menarik. Untuk science projeck minggu ini kita belajar menimbang pake neraca 4 lengan, kata bu guru menimbang pake neraca lengan biasanya dipakai untuk penelitian analitik.  Kalau kita sedang melakukan science project, kita kayak seperti  profesor dan peneliti cilik yang suka melakukan berbagai percobaan. “Kata Nadif salah satu siswa kelas 4

Selain belajar menimbang memakai neraca 4 lengan, minggu ini anak-anak melakuka percobaan seperti lomba melarutkan gula pasir, mengamati benda mencair (perubahan wujud), uang koin dalam mangkuk, membuat kompas sederhana, menggunakan mikroskop dan mengukur suhu menggunakan termometer.
Cipta mengharapkan dengan adanya pembelajaran science project dapat membuat siswa lebih menyukai ilmu sains, tidak tabu ilmu sains dan kelak mereka bisa menjadi saintis yang tetap memegang teguh ilmu agama.

Selain anak-anak difokuskan belajar ilmu sains dan agama, mereka pun mempelajari pelajaran umum lainnya.” Kata Cipta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s