Ekspedisi Bantuan Qurban Rumah Yatim Area DKI

ekspedisi-dki

Rumah Yatim cabang Jakarta bergerilya menyalurkan daging qurban ke beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya, mulai Senin (12/09), Selasa (13/09), dan Rabu (14/09). Cabang Jakarta Raya yang menaungi 6 cabang asrama tidak sendiri bersama dengan bekasi, dan 4 asrama Tangerang bergabung menghimpun masing-masing hewan qurban yang disebar di wilayah-wilayah mustahiq yang telah ditentukan.
Adapun jumlah keseluruhan hewan qurban yang terhimpun di hari pertama, yaitu 4 ekor sapi, 41 ekor kambing dan domba, hari kedua; 1 ekor sapi, dan 11 ekor kambing dan domba, dan hari ketiga (hari ini) 4 ekor sapi, 11 ekor kambing dan domba.

Manager Area Jakarta Raya Dadan mengatakan semua penyembelihan di hari pertama dipusatkan di Asrama Rumah Yatim Kemang, Jakarta Selatan. Daging Qurban yang terkumpul kemudian dibagikan ke tiap cabang dan asrama. Untuk hari kedua, distribusi ditujukan ke 2 tempat di daerah Ciledug, Bekasi, kepada 400 kk/mustahiq.
Proses pendistribusian dilakukan berdasarkan data mustahiq yang diperoleh dari aparat rt/rw dan kelurahan/kades setempat. Termasuk survey wilayah tempat tinggal mereka agar Dadan dan timnya mengetahui lebih jelas medan yang akan ditempuh dan sarana yang dibutuhkan.

Seperti di hari ketiga yang menargetkan sebuah kampung nelayan di Pantai Hurip, Bekasi. Ia langsung melanjutkan perjalanan ke Pantai Hurip segera setelah distribusi di Ciledug selesai. Untuk menempuh kampung nelayan yang amat jauh dari pusat kota ini, diakuinya membutuhkan persiapan yang ekstra.
Saya bersama 5 orang tim membawa serta hewan qurban yang akan disembelih di lokasi yang kami tuju, karena jarak tempuh yang jauh dan tidak selalu dapat diakses dengan jalan darat dan kendaraan bermotor,” ungkap Dadan ketika dihubungi  kemarin dalam perjalanan ke Pantai Hurip. Kampung berpenduduk berprofesi nelayan dan petani ini dihubungkan oleh sungai besar yang tentunya hanya bisa dilalui oleh perahu dan sampan
.
Alhamdulillah, para warga siap memberikan bantuan dalam distribusi dengan menyediakan transportasi berupa perahu. Hal ini menunjukkan kegiatan ini mendapat andil dari semua pihak. Selanjutnya, distribusi ditujukan di 5 daerah, yaitu Tanjung Air, Sungai Keramat, Sungai Labu, Pondok Soga, Kampung Gudang, dan Teluk Naga (Ciledug). Penyembelihan dilakukan di Tanjung Air dan ada 600 kk/mustahiq yang menerimanya.

Tampak hadir pada penyembelihan Kades setempat yang juga mewakili Camat, aparat lainnya Babinsa, rt/rw, relawan, dan Rumah Yatim beserta tim. Tak hanya daging qurban saja, lanjut Dadan, demi menggenapkan program santunan rutin yang juga bersamaan momen Idul Adha, para mustahiq juga menerima bantuan sembako Rumah Yatim yang berupa 5kg beras dan paket mi instan. Mereka sangat bersyukur dan berterima kasih warga mereka yang menjadi mustahiq dapat memperoleh daging qurban dan sembako.
Diharapkan qurban yang disalurkan bermanfaat dan dapat dinikmati para kaum dhuafa yang belum tentu setiap harinya mengonsumsi daging. Dan semakin menyebarkan semangat berqurban untuk sesama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s