Pelaksanaan Shalat Idul Adha Di El Fitra Islamic Scientific School

qurban-el-fitra

Dalam rangka merayakan hari Raya Idul Adha 1437 H, untuk kali pertama keluarga besar SD, SMP dan SMA El Fitra Islamic Scientific School yang terdiri dari guru, karyawan, murid dan wali murid juga masyarakat sekitar mengadakan kegiatan solat ied dan penyembelihan hewan qurban.
Selian untuk merayakan hari Raya Idul Adha, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan untuk bahan edukasi anak. kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan upacara dan halaman belakang SD El Fitra, sebanyak 10 ekor domba dari Rumah Yatim dan orang tua murid disembelih disana.

Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini adalah untuk menginformasikan bahwa SD, SMP dan SMA El Fitra mempunyai komitmen untuk mengedepankan pendidikan diniyyah salah satu diantaranya perayaan Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban, selain itu kami menginginkan siswa untuk mengambil pelajaran dari kisah nabi Ibrahim dan Ismail dan   .” Kata Ilyas ketua pelaksana kegiatan, Senin (12/09/2016)

Usai shalat Idul Adha, anak-anak beserta wali murid diantar untuk mencicipi hidangan yang telah disediakan diantaranya kolak labu, teh manis dan pisang goreng. Setelah itu anak-anak digiring ke halaman belakang untuk melihat proses penyelbelihan hewan qurban, Ilyas pun mengatakan bahwa anak-anak diajarkan bagaimana cara menyembelih hewan yang baik dan syar’i, mengelola hewan setelah disembelih dan pembungkusan daging kurban yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang berhak.

Antusias anak-anak sangat tinggi ketika mengikuti kegiatan shalat ied, melihat dan belajar proses penyembelihan hewan qurban. “ Seneng banget soalnya bisa shalat ied bareng, liat proses penyembelihan hewan qurban, makan bareng dan membantu membungkus daging yang akan dibagikan ke masyarakat.” Kata Fatimah siswi kelas 4B
Hal serupa dikatakan Nasrul kelas XI sosial SMA EL Fitra , menurutnya kegiatan ini sangatlah mendidik dan menyenangkan. Walaupun tidak mengikuti proses pembagian daging qurban, ia dan teman-temannya senang dapat membantu menyiapkan daging yang akan diberikan.
Acara yang dimulai pukul 06:30 sampai 13:00 WIB ini berlangsung dengan khidmat, meriah dan kekeluargaan. “Semoga tahun depan perayaan Idul Adha di sekolah dapat terlaksana kembali, kami berharap kegiatan ini dapat mengedukasi siswa dan dapat meningkatkan empati siswa untuk peduli dan berbagi kepada sesama.” Ujar Ilyas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s