Santunan Anak Asuh Non Mukim 3 Wilayah di Surabaya

sbyy

Rumah Yatim Cabang Jatim menyalurkan santunan untuk 30 anak asuh non mukim yang tersebar di 3 wilayah di Surabaya selama 3 hari berturut-turut, Minggu (28/08), Senin (29/08) dan Selasa (30/08). Penyaluran santunan ini adalah program rutin santunan penambahan anak asuh yang baru. Santunan berupa uang tunai Rp. 50.000 tersebut diberikan ke setiap anak sesuai wilayah tempat tinggalnya, hari pertama di Tubanan, hari kedua di Manukan Kasman, dan hari ini di wilayah Made.

Kepala Asrama Surabaya Agus Kurnia mengatakan, di hari terakhir santunan diberikan di sekolah yang ditunjuk untuk bekerjasama dengan Rumah Yatim membantu mengelola uang santunan tersebut. Sebagian dari mereka ada yang mendapat santunan tunai dan dibuatkan atm, seperti anak asuh lainnya.  “Yang menjadi koordinator kami dalam mengelola santunan adalah langsung guru mereka, dan semua biaya sekolah, seperti membayar buku, dan uang kegiatan diambil dari santunan,” katanya.

Kebanyakan dari mereka berstatus yatim dan masih berusia sekolah dasar. Rumah Yatim mengirimkan tim survey dan menempatkan koordinatornya di masing-masing wilayah sasaran mustahiq. Penambahan jumlah anak asuh non mukim ini berasal dari wilayah yang umumnya warganya berpenghasilan minim. Para ibu dari anak asuh ini bekerja sebagai buruh cuci, tukang cuci motor, dan pedagang kecil.
Agus menjelaskan, aparat pemerintahan masing-masing wilayah sudah mengetahui keberadaan Rumah Yatim yang membantu anak asuh setempat. Mereka juga merasa terbantu karena Rumah Yatim dapat membantu aparat setempat memberikan bantuan kepada mereka yang masih kekurangan.

Anak asuh dan keluarga mereka turut bahagia Rumah Yatim dapat menolong meringankan beban sehari-hari mereka.  Selanjutnya, semua pihak berharap akan lebih banyak lagi yang dapat dibantu, terutama mereka dari wilayah yang belum terjangkau bantuan Rumah Yatim.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s