Berlatih Kompetisi Sehat dan Percaya Diri di Lomba Kreasi Anak Jawa Barat

hut ri 2

Jelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 71, Rumah Yatim cabang Jabar menyelenggarakan Lomba Kreasi Anak Jawa Barat yang diadakan di SD El Fitra, Jl Cibodas Raya, Antapani, Bandung, Sabtu-Minggu 13-14 Agustus 2016. Kegiatan akbar ini diikuti oleh sekitar 200 anak asuh dari 10 Asrama Rumah Yatim di Jabar, masing-masing 6 asrama naungan Direktorat  Kemandirian Yatim dan Dhuafa, dan 4 asrama naungan Direktorat Pendidikan.

Ketua Panitia Lomba Kreasi Anak Jabar Timbul Yuwono mengatakan, ajang tahunan ini dilatarbelakangi untuk memberikan kesempatan dan wadah bagi anak asuh untuk belajar berkompetisi sehat, meningkatkan percaya diri, dan mengasah kompetensi anak. Adapun perlombaannya meliputi, lomba pidato, lomba cerdas cermat, lomba tahfidz Al Quran, dan lomba kebersihan asrama.
Kegiatan dihelat dengan konsep yang ingin difokuskan terhadap kemampuan akademik dan keagamaan, seperti lomba cerdas cermat di pelajaran diniyyah dan sekolah. Sedangkan, lomba pidato, Timbul menambahkan, agar tidak malu atau canggung bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain. Dan  Lomba tahfidz menumbuhkan semangat belajar dan menghafal Al Quran dengan baik.
Senada dengan Timbul, Manager Bidang Asrama dan Potensi dan Pengembangan Anak (PPA) Joko Santoso berujar  tahun ini lebih mengedepankan kepada menggali dan mengasah kemampuan dasar anak. Tak  hanya lomba-lomba di atas, tetapi juga dimeriahkan dengan beberapa lomba dan games menarik untuk menumbuhkan keseruan Agustusan ini. Seperti, lomba balap kelereng dan pipa, kuis ‘ranking 1’ yang menambah keseruan suasana.

Untuk lomba kebersihan tingkat asrama dilakukan belum lama ini yang akan diumumkan pemenangnya bersamaan dengan pemenang lomba lainnya dan penerima juara umum di penghujung kegiatan ini. Lomba ini juga bertujuan menumbuhkan semangat budaya kebersihan di lingkungan asrama dan anak asuh. Joko melanjutkan, lomba ini rutin dilakukan 3 bulan sekali yang dinilai oleh tim independen manajemen pusat Rumah Yatim.

Secara keseluruhan momen event ini sesuai dengan program yang dicanangkan Direktorat Kemandirian Yatim dan Dhuafa (KYD) setiap dua tahun sekali. Dan baru di 3 wilayah yang mengadakan kegiatan ini, yaitu Jabar, Jakarta dan Tangerang. Menurut jadwal, kegiatan serupa akan digelar di Jakarta dan tangerang pada 17 dan 21 Agustus mendatang.
Kali ini memang bertepatan dengan peringatan HUT RI, dan insya Allah yang berikutnya pada Desember tahun ini saat libur semester ganjil, katanya.  Lomba-lomba lainyang berunsur seni, untuk sementara porsinya sedikit dan hanya sebagai hiburan saja. Namun, ia dan Timbul menyampaikan bahwa setiap tahun akan memiliki konsep dan mengusung tema yang berbeda-beda yang nantinya didiskusikan bersama dengan pihak manajemen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s