Program Rumah Qur’an Menebar Hidayah dan Berantas Buta Huruf Al Qur’an

penyaluran Al-Qur'an pangalengan

Fenomena buta aksara Alquran di Indonesia cukup memprihatinkan. Mayoritas umat di negeri ini tidak menjamin pemeluknya serta merta bisa mambaca kitab sucinya, yaitu Alquran, apalagi memahaminya.

Tingkat buta huruf Alquran di Indonesia terbilang tinggi. Data Kementrian Agama RI tahun 2015 menyebutkan ada sekitar 54 persen dari total populasi umat Islam di Indonesia yang tidak bisa membaca Alquran. Salah satu cara dari Kemenag untuk meningkatkan tingkat melek Alquran adalah pencanangan program Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji (Gemar Mengaji).

Melalui program Rumah Quran, Rumah Yatim berpartisipasi dalam program pemerintah tersebut. Pada Senin 8 Agustus 2016, Rumah Yatim area Jawa Barat menyalurkan 300 mushaf Quran versi terlengkap  dan 75 Kitab Hadits Riyadhus Shalihin ke 15 lembaga mitra Rumah Yatim di daerah  kabupaten Bandung , kabupaten Bandung Barat, dan kabupaten Cianjur. Ke 15 mitra tersebut terdiri dari Masjid, Mushola dan Madrasah dan lembaga sosial .

Berikuti ini Masjid dan Mushola penerima mushaf quran dan Riyadhus Shalihin wilayah Bandung Selatan, Bandung Barat dan Cianjur : Masjid Al hidayah Kp. Legok Banjaran , Masjid Al-amanah Kp. Cibiuk Banjaran , Masjid Al Ihsan Cibeureum Banjaran , Masjid Al Qod’r Kp. Pasir Jati, Masjid Baeturohman Kp. Ciputat Banjaran, Mushola Al Bait Kp. Panghareupan Pangalengan, Masjid Nurul Huda Kp. Sukatinggal Pangalengan, Mushola Al Muflihun Kp. Purbasari Pangalengan, Masjid Nurul huda Kp. Cisarua Pangalengan, Mushola Al furqon Kp. Cisarua Pangalengan, Mushola As shofa Kp. Leles Cianjur, Masjid Hayatul risalah Kp. Ramasari Cianjur, Masjid Al barokah Kp. Andir Cipatat, Masjid Al musyawaroh    Kp. Ciranji Cianjur, dan Masjid Baeturohman Kp. Pabuaran Cipatat.

Alhamdulillah Rumah Yatim telah menyalurkan mushaf Quran  versi terlengkap dan kitab  Riyadhus Shalihin  ke 15 titik masjid dan mushola di wilayah Bandung Barat, selatan dan Cianjur. Semoga menjadi penunjang mereka untuk belajar dan mendalami Al-Qur’an dan Hadis terutama untuk anak-anak. Semoga dengan program Rumah Qur’an ini, Rumah Yatim dapat berkontributif program pemerintah dalam upaya pemberantasan buta huruf Al-Qur’an. Terima kasih kepada para donatur yang telah mendukung program Rumah Qur’an melalui wakaf Qur’annya .Ujar Pipin Direktur Pemberdayaan Rumah Yatim

Program pembagian Qur’an dan Hadits ini masih terus berlanjut,sampai akhir pekan ini kami berencana menyalurkan ke 50 mitra kami di beberapa kabupaten kota di jawa barat Tambahnya

Alhamdulillah terima kasih kepada Rumah Yatim yang telah menjadi jembatan antara para donatur dan kami. Semoga Al-Qur’an dan kumpulan hadist ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya anak-anak yang mengaji disini, semoga anak-anak semakin semangat mengajinya. Semoga Rumah Yatim dan para donatur dilindungi dan dirahmati Allah aamiin. Tutur suleman koordinator masjid Al-Ihsan Cibeureum Banjaran.

Pipin mengatakan bahwa, agenda penyaluran mushaf Quran dan Riyadhus Shalihin minggu ini adalah ke daerah Garut dan Cicalengka. Semoga saja penyaluran ini akan semakin meluar ke penjuru negeri ini supaya kasus buta huruf Qur’an semakin berkurang bahkan tidak ada. Ungkap Pipin menambahkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s