Cara Mudah Menghadapi Kritikan Pedas

Sebuah bahkan banyak kritikan pedas pasti pernah anda dapatkan dari seseorang  ataupun sekelompok orang, anda jangan khawatir dan jangan terpuruk dengan kritikan yang menyayat hati itu karena saya saya mempunyai cara jitu menghadapinya.

Perlu anda tahu, sang pencipta dan pemberi rezeki Yang Maha Mulia acapkali mendapat cacian dan cercaan dari orang-orang pandir yang tak berakal . Rasulullah kekasih Allah yang terjamin masuk syurga pun banyak sekali mendapatkan cacian dan cercaan.

Nah, apalagi saya, anda dan kita sebagai manusia yang tidak terlepas dari kesalahan. Dalam hidup ini jika anda seseorang yang selalu mempengaruhi, memberi dan memperbaiki mungkin pula sesekali anda akan mendapatkan cemooh dan hinaan dari orang lain.

Selama anda masih berada di tengah-tengah mereka, mereka tidak akan diam mengkritik anda sebelum anda naik keatas langit atau berpisah dengan mereka. Akan selalu ada perbuatan mereka yang membuat anda bersedih, meneteskan air mata bahkan perlahan-lahan membuat anda berubah.

Perlu diingat, manusia tidak akan pernah menendang anjing yang sudah mati.  Adapun mereka marah dan kesal kepada anda adalah mungkin anda telah mengungguli mereka dalam hal kebaikan ataupun keilmuan. Mereka akan berhenti melakukannya jika anda melepaskkan karunia dan nikmat Allah yang diberikan pada diri anda atau sampai anda berubah dalam segi perilaku atau kepribadian. Yang anda mampu adalah hanya mengubur dalam-dalam kritikan pedas itu, abaikan dan cukup mengomentari perkataan mereka sebagai yang diperintahkan Allah,
Katakanlah (kepada mereka) : “Matilah kamu karena kemarahanmu itu.”
(QS. Ali Imran : 119)

Oleh sebab itu, waspadalah dengan  perkataan yang mereka lontarkan, kuatkan jiwa untuk mendengarkan kritikan, cemoohan dan hinaan mereka. Bersikaplah laksana batu cadas yang selalu berdiri tegak walaupun diterpa butiran-butiran salju yang menderanya setiap saat, ia justru semakin kokoh karenanya. Jadikan cemoohan dan hinaan yang mereka lontarkan membuat anda semakin kuat, maju dan semakin semangat berjalan kedepan. Jangan jadikan cemoohan dan hinaan yang mereka lontarkan membuat anda mundur,minder dan tertekan karena mereka akan senang jika anda begitu

Acuhkan saja, karena semakin tinggi derajat dan posisi anda, maka semakin pedas pula kritikan itu.  Jangan bersedih dengan kritikan mereka sebab kesedihan hanya akan membuat air segar terasa pahit, sekuntum mawar indah tampak seperti sebongkok labu dan taman yang indah tampak seperti gurun pasir, jangan bersedih karena akan membuat mereka tertawa.
Tetaplah menjadi diri anda, tetaplah melakukan yang terbaik, tetaplah berkarya, tetaplah tersenyum karena dengan hal itu akan membuat mereka kesal dan panas.

Seorang penyair berkata,
Jika seseorang berhasil menggapai puncak langit kemuliaan maka musuhnya adalah bintang-bintang di langit kedengkian.
Penyair lain berkata,
Aku berjumpa dengan orang bodoh yang mencelaku, kutinggalkan ia seraya berkata “aku tidak peduli”.kritikan-pedas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s