Menangis menyehatkan jiwa

Menangis adalah bentuk luapan emosi bagi manusia. Tidak ada salahnya dengan menangis, meski bagi sebagian orang menangis itu suatu perbuatan yang cengeng, namun tenyata menangis membuat emosi lebih stabisl dan tertata. Menangis memiliki banyak manfaat. Seperti dilansir vemale.com, Judith Orloff dalam jurnal Psichology Today mengungkapkan sebuah fakta yakni bahwa air mata membuat Anda sehat.

 

Air mata yang emosional akan megangkut racun-racun atau toksin ke luar tubuh. Ini berarti menangis juga bisa menjadi sarana untuk detoksifikasi alami, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dengan menangis. Penelitian juga mengungkapkan bahwa pria yang menangis cenderung lebih sehat dan bahagia.

 

Berikut adalah fungsi air mata yang dikeluarkan pada saat proses menangis berlangsung.

Pertama, air mata dapat membersihkan bola mata. Seperti yang sudah banyak diketahui, fungsi air mata adalah melindungi bola mata serta membersihkannya secara alamiah. Ada air mata yang refleks keluar, ada pula yang dikeluarkan secara emosional. Dengan menangis, maka bola mata akan dibersihkan secara otomatis oleh air mata. Kotoran dalam mata akan ikut keluar besamaan dengan keluarnya air mata. Inilah yang menyehatkan bagi mata kita.

 

Kedua, menangis membuat kita sadar akan sisi kemanusiaan dalam diri kita. Air mata dapat keluar dengan sendirinya kala kita merasakan haru, sedih, bahagia, stress, dan sebagainya. Ungkapan melalui tangisan akan membuat kita sadar bahwa manusia memiliki sifat naluri yang sama. Bisa tersentuh perasaannya.

 

Ketiga, menangis membuat perasaan lega. Semakin kita mencurahkan emosi dengan menangis, akan membuat perasaan plong. Sistem imun dalam tubuh juga akan lebih terjaga apabila kita sanggup mengungkapkan emosi kita melalui air mata. Menangis membuat perasaan menjadi lebih baik.

Nah, kini anda telah mengetahui manfaat airmata atau menangis. Menangis bukan berarti Anda lemah, malah dengan menangis Anda akan lebih kuat. Menangis akan menguatkan jiwa anda yang rapuh karena tekanan masalah yang berat dalam hidup.

 

Sejatinya, tangisan terbaik hadir saat kita berserah diri kepada Allah Swt, dimana kita akan mengeluarkan energi-energi negatif dan racun-racun di dalam tubuh melalui air mata yang emosional. Menangislah di tempat yang tepat, yakni saat bersujud kepada-Nya

sumber : fimadani.com
http://rumah-yatim.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s