Bazas Gandeng Rumah Yatim, Rumuskan Program Pengentasan Kemiskinan di NTB

IMG-20160210-WA0010

Rumah Yatim NTB Indonesia adalah Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Dalam pengamalan ajaran Islam Zakat memiliki peran penting sebagai elemen penunjang dakwah islamiyah dan pembangunan umat. Tujuan dan hikmah zakat sebagai pranata keagamaan memiliki kaitan secara fungsional dengan upaya pemecahan masalah kemiskinan dan ketimpangan sosial.Potensi dana umat Islam yang terkumpul dari zakat merupakan solusi alternative yang dapat didayagunakan bagi upaya penanggulangan masalah kemiskinan di Indonesia dan pemberdayaan ekonomi umat, yang tidak dapat terpecahkan dan teratasi hanya dengan dana APBN yang berasal dari penerimaan pajak maupun hutang luar negeri.Zakat yang dikelola dengan system dan menejemen yang amanah, professional dan intregrated, dapat menjadi pamacu gerak ekonomi dalam masyarakat, sehingga makin berkurangnya kesenjangan antar Kelompok masyarakat yang mampu (Agniya) dan kelompok yang miskin (Fuqoro wal masakin).

Dalam konteks Islam apabila sistem zakat dapat dijalankan secara baik dan benar, maka tidak ada orang atau kelompok masyarakatyang menderita sementara sebagian yang lain hidup berkemakmuran dan kemewahan. Semangat yang ingin ditanamkan dalam Islam kepada seluruh manusia melalui ajaran zakat, yaitu semangat untuk berusaha dan memperbaiki kehidupan ekonomi masyarakat (umat).Untuk itu pendayagunaan zakat perlu diarahkan dan difokuskan sebagai salah satu instrument dalam pemberdayaan ekonomi dan kehidupan masyarakat (umat). Perkembangan Zakat Dari masa kemasa Zakat merupakan guru perekonomian Islam yang sejak lama telah diSyariatkan dan dikembangkan sejak zaman Rasulullah SAW.

Rapat Koordinasi BAZNAS  Dengan LAZ  Se Kota Mataram merupakan bentuk synergitas BASNAS dengan LAZ  dikota Mataram, Jajang Selaku Kepala Cabang Rumah Yatim Provinsi Nusa Tenggara Barat Menuturkan’’ Rapat Koordinasi antara BAZNAS dengan LAZ se-kota mataramdalam rangka mensinergikan BAZNAS dengan LAZ dalam program-programnya, Bahkan kedepan akan dijadwalkan rutin tentang program-program penyaluran antara BAZNAS Kota, Provinsi, dan LAZ di NTB’’tutur  jajang (Kamis/11/2).

Agenda Yang di mulai dari pukul 09.30-11.00 dihadiri. lembaga LAZ  Rumah Yatim, BMH, DASI (Dompet Amal Sejahtera Ibnu Abas) dan Alyaumi,  Acara yang dibuka oleh Ketua BAZNAS  Kota Mataram (H. Macsar Malaka) dihadiri pula bendahara Baznas dan wakil Baznas.adapun yang  di koordinasikan pada kesempatan kali ini adalah  penerimaan beserta penyalurannya,dan program-program yang sudah dilakukan tiap tiap LAZ.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s