Tips menanamkan sikap jujur pada anak

Melahirkan generasi yang berakhlakul karimah tidaklah semudah membalik telapak tangan. Dibutuhkan kerja keras , persiapan mental, dan bekal ilmu pengetahuan terkait dengan pendidikan anak. Di samping itu semua, keteladanan merupakan faktor penting keberhasilan kita dalam mendidik buah hati. Tidak diragukan lagi bahwa keutamaan moral, perangai dan tabiat yang baik merupakan salah satu buah iman yang mendalam. Selain itu sebagai tanda bahwa fitrah kita berkembang dengan benar.

Dalam ajaran Islam terdapat sejumlah kewajiban yang mesti dilaksanakan oleh para orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Salah satu kewajiban itu adalah memberikan pendidikan akhlak agar mereka memiliki budi pekerti yang luhur. Di antaranya adalah menanamkan sikap jujur pada anak-anak sedari usia dini. Mengapa? Karena suka berbohong merupakan gejala akhlak yang sangat buruk. Sampai-sampai Islam memandangnya sebagai tanda-tanda kemunafikan.

Dan langkah awal dalam mengajarkan kejujuran pada anak-anak adalah tidak membohongi mereka kendati itu untuk mendiamkan mereka supaya berhenti menangis. Jika hal ini dilakukan berarti telah mengajarkan kebiasaan berbohong pada anak-anak. Hal itu
tentu bisa menghilangkan kepercayaan anak-anak terhadap kita, bukan?

Kejujuran orang tua akan sangat berbekas dalam diri anak-anak. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk menanamkan kejujuran pada buah hati kita?

This slideshow requires JavaScript.

http://rumah-yatim.org/

‪#‎RumahYatim‬ ‪#‎Berbagi‬ ‪#‎Donasi‬ ‪#‎DonasiOnline‬ ‪#‎SahabatRY‬ ‪#‎Tips‬ ‪#‎Happiness‬

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s