SHAUM ADALAH SEBUAH PEMBUKTIAN

shaum adalah sebuah pembuktian
Shaum di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap umat muslim, namun Rasulullah Saw tidak hanya menganjurkan kita untuk shaum di bulan ramadhan saja. Tetapi ada sunnah lainnya yang sering diamalkan oleh Rasul, seperti shaum senin kamis dan shaum daud.
Shaum memiliki derajat tersendiri di hadapan Allah Swt, karena dengan melaksanakan ibadah shaum, seseorang menahan hawa nafsunya baik berupa syahwat, rasa lapar, dan haus. Makan dan minum serta berhubungan dengan suami/istri adalah ke halalan yang telah Allah anugerahkan, namun ketika ia shaum secara otomatis seorang hamba tersebut mengorbankan kenikmatan dunia semata-mata hanya untuk Allah Swt.

Ibadah Shaum berbeda dengan ibadah yang lainnya, setiap amalan yang dikerjakan seorang muslim akan diperuntukan untuk kebaikan dirinya sendiri namun shaum adalah amalan yang diperuntukan untuk Allah Swt. Oleh karenanya Allah Swt akan memberikan balasan secara langsung kepada hambanya. Seperti dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw bersabda :

“Demi Dzat yang jiwaku berada di dalam genggaman-Nya, bau mulut orang yang berpuasa, bagi Allah lebih harum dibandingkan minyak kesturi. Allah berkata ‘Inilah hamba-Ku, dia tinggalkan makan, minum dan syahwat karena Aku. Puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, dan baginya satu kebaikan akan di balas dengan sepuluh kali lipatnya.’”

‪#‎TahukahKamu‬ anak-anak Rumah Yatim pun mengamalkan ibadah shaum senin kamis lho ‪#‎SahabatRy‬
Anak Yatim aja shaum lho #SahabatRy, masa kamu enggak
yuk buka puasa bareng anak yatim di asrama ‪#‎RumahYatim‬ Terdekat di Kotamu
Cek Lokasinya di sini ya sahabat http://goo.gl/f1nJY8 | ‪#‎RyLebihDekat‬

www.rumah-yatim.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s