Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Sumber Sains

Kitab suci berisi ajaran-ajaran pokok sebagai pedoman umat dalam menjalankan kehidupan di dunia.

Al-qur’an merupakan wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara Malaikat Jibril, yang dalamnya terdapat petunjuk dan rahmat bagi seluruh alam. Agama islam adalah satu satunya ajaran yang diridhai oleh Allah Swt, sehingga dapat mengatur sistem hidup manusia secara keseluruhan, dengan konsep melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Sudah sepatutnya bagi umat muslim, untuk mempelajari dan mengamalkan kandungan yang ada dalam Al-Qur’an.

Banyak orang yang berkata bahwa agama islam jauh dari kemajuan, padahal banyak sekali ayat yang tercantum di dalam Al-Qur’an, bukan mengenai ibadah dan moralitas saja, namun ada juga ayat yang membahas mengenai ilmu pengetahuan. Dari 6236 ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an, terdapat 800 ayat yang menerangkan sains dan teknologi. Sedangkan hanya 160 ayat yang membahas mengenai hukum. Hal ini menunjukan bahwa mengamakan ilmu pengetahuan memiliki keutamaan yang besar.

Ilmu pengetahuan adalah sumber dari kemajuan peradaban suatu bangsa, bila kita mampu menggali inspirasi yang terdapat dalam Al-Qur’an niscaya kita akan dapat membentuk suatu peradaban yang benar-benar beradab.

Begitulah hal yang disampaikan dalam Seminar Pendidikan Nasional dengan tema “Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Sumber Sains.” Minggu (20/12/2015) Acara ini di ikuti oleh 300 peserta dari berbagai daerah, yang didominasi oleh para guru dan mahasiswa.

Para guru dari SD/SMA El Fitra, SMP IT Bina Insan Unggul, SMP/SMA Mutiara Qur’an yang berada dibawah Direktorat Pendidikan Yayasan Rumah Yatim Arrohman Indonesia mengikuti seminar ini Guna mengupgrade wawasan para tenaga kependidikannya.

“Upgrading tenaga pendidik dan kependidikan itu memang modal utama, hanya disaintifik ini kita mau mencoba banyak tataran aplikasi, jadi anak anak dapat memahami Al – Qur’an dengan nyata, kedepannya kita ingin mengembangkan riset-risetnya, ilmu nahwu sorofnya, sambil berjalan kita juga mengupgrade para tenaga pendidiknya” Ujar Iyus selaku Ketua Difisi Pendidikan Formal Rumah Yatim.

#RyLebihDekat
www.rumah-yatim.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s